Pages

Wednesday, March 10, 2010

Tips Mengoptimalkan Perforance PC/Laptop

bagi sobat yang mempunyai PC atau Laptop tentu seringkali mengalami yang namanya lemot, ya kan? hal ini dikarenakan kinerja dari sistem operasi yang terlalu berat, jadi beban untuk sistem tersebut mengeksekusi program yang di instruksikan oleh user menjadi terhambat, malah bakal menjadi crush atau yang lazim disebut dengan hang.
trus gimana dong caranya biar kinerjanya stabil / lebih cepat dari biasanya? tenang, kali ini memang saya akan membahas masalah itu. klik dulu donk "baca selengkapnya"...
hal yang harus sobat ketahui dan sobat lakukan.
1. periksa/monitor performa PC / Laptop sobat, caranya klik Control Panel -> Performance and Maintenance -> Administrative Tools -> Performance. lihat apakah Performancenya stabil atau tidak.
   
bila Performancenya tidak stabil maka yang harus sobat lakukan adalah
a. buat start up bootingnya sederhana, yaitu dengan cara mengetikan Msconfig pada cmd atau command promp, setelah jendela msconfignya terbuka, yg harus dilakukan lg adalah uncheck list program yg dirasa tidak perlu secara automatic Execute. (jadi program tidak langsung di eksekusi/dijalankan PC/laptop sobat).
b. sering-seringlah melakukan disk cleaning / defragment disk agar space yg berada dalam disk lebih luas. defragment jg berfungsi untuk merapikan data yang berada dalam disk, gampangnya untuk melakukan hal ini adalah klik mycomputer -> klik kanan partisi yang akan di cleaning/defragment -> klik properties (bag. general untuk disk cleanup, dan bag tools untuk defragment).
c. masuklah ke control panel bagian software, lalu periksa apakah ada software yg sudah tidak diperlukan lagi, bila ada segera uninstall.
d. singkirkan malicious maupun spyware yg berada di PC / laptop sobat, gunakan selalu anti malware, antivirus, anti malicious yg selalu terupdate.
e. yang sering terlupakan yaitu, update driver... banyak pengguna PC /Laptop yang menggunakan software bajakan, hal ni mengakibatkan sulit untuk update genuine software secara langsung, untuk menghindarinya yaitu dengan menggunakan software asli tentunya.
f. sulit dengan cara dia atas, sobat tinggal download aja tune up utilities yg sudah tersedia bebas beserta cracknya.

3 comments:

Thank you for comments ... Comment Buddy spirits to Continue Writing Resources

Followers