Pages

Friday, February 4, 2011

Surfing dunia Maya

Umumnya orang melakukan surfing di internet dengan tujuan mencari informasi, karena untuk urusan yang satu ini internet memang gudangnya. Banyak informasi yang disajikan di internet, mulai dari yang tetek bengek hingga yang berkualitas tinggi. Dulu, kita terbiasa dengan kekurangan informasi, sekarang
justru informasi-informasi tersebut melimpah seperti air bah.

Dengan banyaknya informasi yang ditawarkan internet—dan tentunya tidak semua informasi itu penting bagi kita—kegiatan menelusuri internet bisa jadi melelahkan dan mungkin tidak membuahkan hasil sama sekali, apabila kita tidak tahu bagaimana seharunya kegiatan surfing tersebut dilakukan. Ibarat menjelajahi sebuah hutan belantara, kompas menjadi sangat penting sebagai penunjuk arah dan menghindarkan kita tersesat pada saat kembali ke rumah.
Berikut adalah tip-tip yang mungkin bisa digunakan untuk lebih mengefektifkan kegiatan surfing kita.

Tetapkan tujuan. Menetapkan tujuan di sini ialah menyepesifikasikan informasi atau topik yang akan dicari. Tidak ada salahnya jika topik tersebut kita tuliskan dalam buku kecil sebagai kompas kalau-kalau kita tersesat di belantara dunia maya. Dengan menetapkan tujuan kita akan lebih fokus mencari informasi yang kita inginkan.

Anda bisa menetapkan lebih dari satu topik. Urutkan topik mulai dari yang paling penting dan diikuti oleh topik-topik lain yang kurang atau agak penting. Utamakan pencarian informasi untuk topik yang paling penting! First thing first! Jika semua informasi sudah didapat, Anda bisa beralih ke topik-topik berikutnya, tapi tentu saja, tidak semua topik harus diselesaikan dalam satu waktu. Anda bisa menyelesaikan topik-topik lain keesokan harinya.

Berusahalah untuk tetap konsisten dengan tujuan telah ditetapkan, dan jangan tergoda untuk kluk-klak-klik-klik link-link yang tidak perlu.

Keyword yang relevan. Keyword adalah kata kunci yang kita inputkan ke dalam kotak pencarian sebuah search engine. Gunakanlah kata-kata kunci yang sesuai dengan topik yang dicari. Apabila kita akan mencari informasi tentang mobil, tentu tidak perlu mengetikan keyword seperti “kucing”, “senjata” atau “kolam renang”. Dengan menggunakan kata kunci yang sesuai, maka besar kemungkinan informasi yang ditampilkan oleh search engine sesuai dengan yang diharapkan.

Jika kita menginputkan sebuah kata kunci di search engine, “mobil” misalnya, maka search engine biasanya akan menampilkan halaman-halaman web yang mengandung kata kunci tersebut dan mencetak tebal kata-kata kunci yang telah diinputkan tersebut.

Tetapi, apakah halaman-halaman web yang mengandung kata kunci “mobil” tersebut sesuai dengan yang kita inginkan? Untuk memastikan search engine menampilkan halaman web yang sesuai dengan kebutuhan kita, maka kita perlu menyepesifikasikannya kata kunci tersebut. Kata kunci “mobil” tentu lebih luas maknanya dengan kata kunci “mobil bekas” atau “mobil murah”, dan kata kunci “mobil bekas” lebih luas daripada “mobil bekas merah” atau “mobil bekas indonesia”.

Agar search engine menampilkan sebuah kata kunci berupa frase seperti “mobil bekas indonesia”, Anda perlu menambahkan tanda kutip pada frase tersebut. Karena apabila Anda mengetikan kata kunci “mobil bekas indonesia” tanpa tanda petik, maka search engine akan menampilkan halaman-halaman web yang mengandung kata-kata “mobil” (bisa mobil balap atau mobil import), “bekas” (bisa barang bekas atau bekas presiden), dan “indonesia” (bisa Media Indonesia atau lagu Indonesia Raya).

Open link in new tab. Dengan koneksi internet yang terbilang cepat, kita bisa stay tune dan fokus pada satu halaman web saja. Tetapi jika koneksinya termasuk kategori lambat, kita bisa membuka halaman-halaman lain (open in new tab) sambil menunggu proses loading halaman yang pertama. Cara ini bisa mengefesienkan waktu kita, apalagi kalau kegiatan surfing nya dilakukan di warnet.

Download. Setelah kita menemukan informasi yang diinginkan, ada baiknya informasi-informasi tersebut diunduh ke PC Anda atau langsung mencetaknya. Untuk mendownload informasi berupa teks, terlebih dahulu Anda harus menyorot semua teks tersebut kemudian lakukan klik-kanan dan pilih “Copy”. Selanjutnya buka program word processor seperti Microsoft Office Word, lakukan klik-kanan dan pilih “Paste”. Lanjutkan dengan menyimpan file word tersebut seperti biasa.

Untuk mendownload file-file gambar seperti JPG atau GIF, lakukan klik-kanan pada gambar tersebut dan pilih “Save image”. Selanjutnya tentukan folder tujuan tempat file gambar tersebut akan disimpan.

Bookmark. Dengan begitu banyaknya alamat web yang bertebaran di internet, tentu akan sulit bagi kita untuk menuliskan atau menghapal semua halaman web tersebut. Dengan adanya fasilitas Bookmark yang disediakan browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Opera, kita bisa menyimpan puluhan atau ratusan alamat web yang menurut kita layak untuk dikunjungi kembali, tanpa harus repot-repot mengingatnya.

Untuk mem-bokmark sebuah halaman web, bisa dilakukan dengan klik-kanan pada halaman tersebut kemudian pilih “Bookmark page” (untuk Opera) atau “Bookmark this page” (untuk Mozilla Firefox). Selain dengan cara tersebut, kita juga bisa mem-bookmark sebuah halaman web dengan cara menekan tombol Ctrl + D pada keyboard.

Agar halaman-halaman web yang telah di-bookmark lebih terorganisasi, kita bisa membagi-bagi halaman-halaman web tersebut ke dalam beberapa folder tertentu. Untuk Mozilla Firefox, bisa dilakukan dengan cara memilih menu “Bookmark” kemudian klik “Organize bookmarks…”. Untuk membuat folder baru pilih “New folder” dan beri nama folder tersebut sesuai dengan kategori halaman web yang Anda inginkan, misalnya, “Desain Web” atau “Web Keren”.

No comments:

Post a Comment

Thank you for comments ... Comment Buddy spirits to Continue Writing Resources

Followers