Pages

Tuesday, March 2, 2010

Dasar Pemrograman Bahasa C

Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang dasar pemrograman yang paling terdahulu, diantara bahasa pemrograman yg paling dasar, seperti foxpro, dan turbo C.

bahasan kali ini mengenai dasar pemrograman bahasa turbo C.
bahasa C terletak diantara bahasa pemrograman tingkat tinggi dan rendah.

bahasa C lahir dari Bell Laboratories pada awal tahun 1970, penciptanya adalah Denis Ritchie.

bahasa C memiliki 6 jenis model memori yang dikelompokkan atas dasar besarnya program serta data yang akan dibuat. diataranya:

1. model Tiny : digunakan bila jumlah memori yang tersedia untuk program beserta datanya total memerlukan tidak lebih dari 64K.

2. model Small : digunakan bila program dan data masing-masing tidak lebih dari 64K.

3. model medium : digunakan bila program yang dibuat lebih dari 64K sedangkan data yang akan disimpan tidak lebih dari 64K.

4. model Compact : bila program yang dibuat tidak lebih dari 64K, namun data yg akan disimpan memerlukan memori lebih dari 64K.

5. model Large : bila program maupun datanya memerlukan lebih dari 64K

6. model Huge : digunakan untuk menyimpan satu jenis data, misalnya array, yg memerluakan memori lebih dari 64K.

Jenis-jenis File yang digunakan:

1. file header merupakan sebuah file text, file ini digabungkan dengan program yang dibuat oleh programmers.

2. file Library merupakan semacam perpustakaan fungsi, file ini berisi kode-kode atau program-program dari setiap fungsi dasar yang dikenal oleh bahasa C. kode-kode programini telah dicompile tersendiri dan dapat digabungkan dengan program yang dibuat oleh programmers pada proses link program.

3. file run time : bahasa C memiliki 6 buah file run time sesuai dengan model memorinya. ke 6 file ini adalah c0t. obj(tiny), c0s.obj(small), c0c(compact), c0m.obj (medium), c0l.obj (large), c0h.obj( huge).

4. math library, ada 5 macam file math yg dimiliki oleh turbo C kecuali model tiny yg digunakan bersama-sama dengan model small, diantaranya yaitu maths.lib(small), mathc.lib(compact), mathm.lib(medium), mathl.lib(large), mathh.lib(huge).

5. file editor, file object, file eksekusi
program yang dibuat dengan bahasa turbo C, nama programnya harus selalu berakhiran dengan .c
file object adalah hasil file program setelah melewati proses compile, yg berakhiran dengan .obj.
file eksekusi adalah hasil setelah melewati proses link. file ini berakhiran .exe, file ini dapat dijalankan langsung dari sistem operasi dengan menuliskan nama filenya saja.

sekian dulu pengenalan mengenai dasar-dasar pemrograman.  pembahasan selanjutnya saya akan menjelaskan tentang struktur bahasa pemrograman turbo C .
wassalam..

No comments:

Post a Comment

Thank you for comments ... Comment Buddy spirits to Continue Writing Resources

Followers