Pages

Tuesday, February 23, 2010

Cara Optimalkan Teknik SEO

Cara Optimalkan Teknik SEO

sobat blogger mungkin udah ga asing lg dengan kata SEO bkn??
bila yang masih memulainya mungkin masih belum tahu Apa sih SEO itu...

SEO itu singkatan dari Search Engine Optimization, kalau di artikan dalam bahasa Indonesia maka jadi Optimasi Mesin Pencari.


seperti Google,Yahoo,MSN, dll.

bagaimana sih para mesin pencari tersebut melacak keberadaan suatu website atau blog?

suatu mesin pencari dapat melacak keberadaan suatu website/blog dengan mencocokan suatu frase nama Domain, keyword, meta data, judul, meta deskripsi, isi konten, sitemap, natural listing dan back link yang saling terkait satu sama lain, maka sangatlah perlu untuk mengkaitkan ke delapan unsur tersebut bila ingin page ranknya cepat meningkat.

Oke, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan teknik SEOtersebut.

Nama Domain maka pasti akan muncul berjuta-juta website/ blog bukan disertai dengan deskripsi atau kontennya??
maka bila ditinjau dari aspek tersebut pilihlah nama domain dengan cermat dan seksama, usahakan yg bisa mencakup isi dari materi dari blog.

Judul

title/judul akan sangat membantu sebuah blog untuk bertengger di puncak urutan teratas dari mesin pencari (Search Engine).
maka dari itu hubungkan keyword, deskripsi, dan isi dari materi blog yang sobat buat.

Meta Keyword
informasi dalam sebuah data termasuk kedalam Meta Data. Sobat Blogger bisa memasukkan tag "meta". Meta data yang berguna untuk mensupport Optimalisasi Mesin Pencari adalah Meta Keyword dan Meta Deskripsi.

Deskripsi
Deskripsi berisi tentang Penjelasan dari Konten/ isi dari blog sobat, contohnya, blog sobat memberi informasi tentang Tips&Trik Pemrograman maka deskripsinya bisa "Pemrograman".

Keterkaitan Isi Blog
sebuah blog sulit untuk naik PR nya ketingkat teratas bila tidak ada korelasinya, maka dalam setiap pembuatan Posting harus yg terkait, contoh bila deskripsi, dan judul itu tentang Cara Pengobatan, sedangkan isi dari blog sobat malah menjelaskan sejarah obat. kan sedikit sekali dengan kata "cara Pengobatan".

Sitemap
sitemap itu umpama sebuah Peta seluruh isi dari blog sobat, dengan kata lain dengan sitemap blog sobat akan semakin mudah dikenali oleh mesin pencari dan yang terakhir,

Natural Listing
yaitu suatu cara untuk optimasi SEO dengan mendaftarkan ke beberapa mesin pencari yg mempunyai tingkat popularitas tinggi seperti:

Google.com, daftarnya ke http://www.google.com/addurl
 yahoo.com, daftarnya ke Daftar URL Yahoo
MSN.com, daftarnya ke http://search.msn.com.sg/docs/submit.aspx

jadi tunggu apalagi, segera lakukan teknik tersebut untuk posisi teratas, semoga bermanfaat, sukses untuk sobat semua...

terima kasih kepada mas Tiyo atas bukunya yang sangat bermanfaat, sobat bisa mencari buku mas Tiyo di toko buku terdekat.

Avianto, Tiyo. Trik Membuat Website&Blog Menjadi No.1, Jakarta: Mediakita, 2010.

 

No comments:

Post a Comment

Thank you for comments ... Comment Buddy spirits to Continue Writing Resources

Followers